Guest

Selamat Datang di TUGAS AKHIR DIGITAL

Abstrak | Full Paper
PENGARUH PERILAKU BELAJAR, GAYA MENGAJAR DOSEN, DAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP PEMAHAMAN MAHASISWA PADA MATA KULIAH AKUNTANSI KEUANGAN (SURVEI PADA MAHASISWA AKUNTANSI POLITEKNIK NEGERI PADANG)
Nella Aryanti
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh perilaku belajar, gaya mengajar dosen, dan kecerdasan emosional terhadap pemahaman mahasiswa pada mata kuliah Akuntansi Keuangan. Populasi penelitian adalah seluruh mahasiswa Akuntansi Politeknik Negeri Padang, dengan sampel yang ditentukan melalui teknik purposive sampling. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner dan dianalisis dengan regresi linear berganda melalui SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perilaku belajar, gaya mengajar dosen, dan kecerdasan emosional berpengaruh positif dan signifikan baik secara parsial maupun simultan terhadap pemahaman mahasiswa. Nilai koefisien determinasi sebesar 0,447 mengindikasikan bahwa 44,7% variasi pemahaman mahasiswa dapat dijelaskan oleh ketiga faktor tersebut. Temuan ini memberikan kontribusi bagi pengembangan literatur akuntansi keperilakuan serta memberikan implikasi praktis bagi mahasiswa dalam memperbaiki perilaku belajar, bagi dosen dalam menyesuaikan gaya mengajar, dan bagi institusi pendidikan dalam merancang strategi pembelajaran yang lebih efektif.
Kata Kunci :Perilaku Belajar, Gaya Mengajar Dosen, Kecerdasan Emosional, Pemahaman Mahasiswa
Pembimbing 1 :Rangga Putra Ananto, SE.,M.Si.,Ak, CA
Pembimbing 2 :Rini Frima, SE.,M.Si
Tahun Pembuatan :2025