Selamat Datang di TUGAS AKHIR DIGITAL
Abstrak | Full Paper |
ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMOTIVASI MAHASISWA AKUNTANSI MENGGUNAKAN CHATGPT DALAM PEMBELAJARAN DI INDONESIA (STUDI PADA MAHASISWA AKUNTANSI POLITEKNIK NEGERI DI INDONESIA) Eki Yusnita |
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang
memotivasi mahasiswa Akuntansi di Indonesia dalam menggunakan ChatGPT sebagai
alat bantu pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei
dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa
Akuntansi politeknik negeri di Indonesia. Data primer dikumpulkan dengan
menyebarkan kuesioner melalui Google From dengan teknik convenience
sampling, sehingga diperoleh 740 responden. Metode analisis data
menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) dengan teknik Partial
Least Squares (PLS). Pengolahan data dilakukan menggunakan perangkat lunak
SmartPLS 4.1. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Perceived Ease of Use
(PEOU), Perceived Usefulness (PU), dan Demand for Academic Content
Creation (ACT) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Intention to
Use (ITU) ChatGPT dalam pembelajaran, sedangkan The Demand of Seeking
Information (IS) dan Novelty (N) tidak berpengaruh signifikan
terhadap Intention to Use (ITU) ChatGPT dalam pembelajaran. Temuan ini
menegaskan bahwa motivasi mahasiswa lebih dipengaruhi oleh kemudahan
penggunaan, manfaat nyata, dan dukungan ChatGPT dalam pembuatan konten
akademis. Penelitian ini memberikan kontribusi teoretis melalui pengembangan
TAM dengan dimensi UGT, serta kontribusi praktis bagi pendidik dan institusi
dalam mengintegrasikan AI secara etis dan efektif ke dalam pendidikan tinggi. Kata Kunci :ChatGPT, Pendidikan Akuntansi, Technology Acceptance Model, Uses and Gratifications Theory, Niat Penggunaan Pembimbing 1 :Dr. Amy Fontanella, SE., M.Si.Ak.CA. Pembimbing 2 :Dr. Novrina Chandra, SE., MM.Ak.CA. Tahun Pembuatan :2025 |