Guest

Selamat Datang di TUGAS AKHIR DIGITAL

Abstrak | Full Paper
PENGARUH BIG DATA TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN KEPUTUSAN INVESTASI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING
Yogi Zulyanda
Di era digitalisasi saat ini, big data menjadi salah satu aset paling berharga bagi perusahaan untuk meningkatkan efisiensi dan daya saing. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh big data terhadap nilai perusahaan dengan keputusan investasi sebagai variabel intervening. Jenis penelitian kuantitatif dan populasi adalah perusahaan Sektor Teknologi yang terdaftar di bursa efek indonesia (BEI) periode 2019-2023. Pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling sehingga diperoleh tujuh perusahaan dengan periode penelitian lima tahun menggunakan data kuartal. Metode analisis yang digunakan adalah regresi data panel untuk menguji hubungan langsung antar variabel dan SEM untuk menguji hubungan mediasi. Pengolahan data menggunakan aplikasi STATA. Hasil penelitian ini menunujukkan bahwa (a) big data secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan(b) big data secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan investasi (c) keputusan investasi secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan (e) big data secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan dengan keputusan investasi sebagai variabel intervening. Temuan ini menunjukkan bahwa meskipun big data mempengaruhi keputusan investasi, dampaknya terhadap nilai perusahaan belum optimal. 
Kata Kunci : Big Data, Company Nilai, Investment Decision
Pembimbing 1 :Dr.Ir. Yuhefizar, S.kom.,M.kom
Pembimbing 2 :Dr. Amy Fontanella, S.E.,M.Si.Ak.CA
Tahun Pembuatan :2024