Guest

Selamat Datang di TUGAS AKHIR DIGITAL

Abstrak | Full Paper
ANALISIS BIAYA VOLUME LABA PADA USAHA PRODUSI PENGOLAHAN PEMASARAN HASIL PERTANIAN (UP3HP) LEMBANG JAO MANDIRI
ROSSI DARMAYANTI
Analisis Biaya Volume Laba (CVP) adalah suatu metode atau perhitungan yang digunakan dalam melakukan perencanaan laba. Tahapan dalam melakukan Analisis Biaya Volume Laba adalah dengan memisahkan biaya variabel, biaya tetap, biaya semi variabel, menghitung titik impas, melakukan identifikasi bauran penjualan, merencanakan laba multiproduk, menghitung resiko dan ketidakpastian dalam melakukan analisis sensitivitas (perubahan variabel dalam CVP). Analisis CVP akan diterapkan pada Usaha Produksi Pengolahan Pemasaran Hasil Pertanian (UP3HP) Lembang Jao Mandiri yang belum melakukan perencanaan laba. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui jumlah produk yang harus dijual untuk mencapai target laba. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif yaitu dengan membandingkan data yang diperoleh dengan teori Analisis Biaya Volume Laba. Hasil dari penelitian ini yaitu untuk mencapai target laba sebesar Rp 300.000.000 per tahun perusahaan harus menjual Rakik Maco sebanyak 45.813 bungkus, Rakik Udang sebanyak 45.806 bungkus, Rakik Kacang sebanyak 55.881 bungkus dan Kembang Loyang sebanyak 21.413 bungkus dan unit yang dapat dijual di atas titik impas oleh perusahaan adalah sebanyak 14.286 bungkus Rakik Maco, 14.285 bungkus Rakik Udang, 17.426 bungkus Rakik Kacang dan 6.678 bungkus Kembang Loyang.
Kata Kunci :Biaya Tetap, Biaya Variabel, Analisis Biaya Volume Laba (CVP)
Pembimbing 1 :Armel Yentifa SE., M.Si., Ak
Pembimbing 2 :Ulfi Maryati SE.,M.Ak., Ak
Tahun Pembuatan :2017