Selamat Datang di TUGAS AKHIR DIGITAL
Abstrak | Full Paper |
Perancangan dan Analisis Pengukuran Kinerja Perusahaan dengan Konsep Balanced Scorecard Studi Kasus Pada PT. Bank Nagari ANNISA FADILLAH LANRIANI |
Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengukur kinerja PT. Bank Nagari dengan menggunakan Balanced Scorecard (BSC). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan pengujian menggunakan 4 perspektif BSC yaitu perspektif keuangan, pelanggan, bisnis internal dan pertumbuhan dan pembelajaran. Pengumpulan data melalui wawancara, kuesioner dan studi pustaka. Pengukuran perspektif keuangan menggunakan pendekatan rasio CAR, NPL, ROA, ROE, BOPO, dan LDR. Pengukuran perspektif pelanggan menggunakan pendekatan market share dan kepuasan pelanggan. Pengukuran perspektif bisnis internal menggunakan pendekatan IT Development dan infrastruktur. Pengukuran perspektif pertumbuhan dan pembelajaran menggunakan pendekatan produktifitas karyawan, sistem recruitment, pengembangan kompetensi dan reward dan punishment. Hasil dari indikator yang telah dirancang dapat diperoleh pada perspektif keuangan dengan nilai rasio CAR, NPL, ROA, dan LDR dapat mencapai target sedangkan rasio ROE dan BOPO tidak mencapai target. Pada perspektif pelanggan nilai market share mengalami peningkatan dan kepuasan pelanggan dapat mencapai target sebesar 75 %. Perspektif bisnis internal pada IT Development mengalami peningkatan kecepatan efisiensi dan efektivitas transaksi pelayanan nasabah dari 7 menit menjadi 3 menit. Sedangkan, hasil pada perspektif pertumbuhan dan pembelajaran indikator kepuasan karyawan menyatakan puas sebesar 84,80 %. Hal ini menunjukan loyalitas yang diberikan karyawan PT. Bank Nagari cukup baik. Penelitian ini diharapkan menjadi rekomendasi bagi PT. Bank Nagari untuk menerapkan metode BSC dalam pengukuran kinerja. Kata Kunci :Kata Kunci : Kinerja Perusahaan, Balanced Scorecard. Pembimbing 1 :Afridian Wirahadi Ahmad, SE., M.Sc., Ak Pembimbing 2 :Firman Surya, SE., M.Si, Ak Tahun Pembuatan :2017 |