Guest

Selamat Datang di TUGAS AKHIR DIGITAL

Abstrak | Full Paper
PERBANDINGAN PENERAPAN TOTAL QUALITY MANAGEMENT (TQM) PADA CABANG KELAS MENENGAH DI PT ASURANSI RAMAYANA TBK
SILMI KAFFAH
Tujuan penerapan Total Quality Management adalah untuk memperbaiki kualitas secara terus-menerus sehingga perusahaan dapat meningkatkan laba. PT Asuransi Ramayana Tbk mulai menerapkan konsep Total Quality Management yang dikenal dengan istilah “Peningkatan Kualitas dan Pelayanan” sejak 1 Januari 2015. Adapun maksud PT Asuransi Ramayana Tbk menerapkan konsep TQM ini salah satunya agar kualitas setiap cabang dapat menjadi lebih baik dan setara. Pada penelitian ini, penulis melakukan perbandingan penerapan Total Quality Management pada cabang menengah di PT Asuransi Ramayana Tbk dengan menyebarkan kuisoner kepada cabang menengah yaitu cabang Padang, Medan, Pekanbaru, Batam, Serpong, Senen dan Cirebon dengan total responden 200 orang. Kuisioner berisikan pertanyaan tentang aspek fokus pada pelanggan, perbaikan berkesinambungan, pendidikan dan pelatihan, pemberdayaan karyawan serta kepemimpinan dan kerjasama tim. Pengujian hipotesis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji Kruskall Wallis. Hasil penelitian adalah terdapat perbedaan penerapan pada konsep fokus pada pelanggan, perbaikan berkesinambungan serta kepemimpinan dan kerjasama tim sedangkan untuk variabel pendidikan dan pelatihan serta pemberdayaan karyawan tidak terdapat perbedaan secara signifikan
Kata Kunci :Total Quality Management
Pembimbing 1 :Josephine Sudiman, Ph.D., Ak
Pembimbing 2 :Ulfi Maryati, SE., M.Ak.,Ak
Tahun Pembuatan :2016