Selamat Datang di TUGAS AKHIR DIGITAL
Abstrak | Full Paper |
PERBANDINGAN PENERAPAN TOTAL QUALITY MANAGEMENT (TQM) PADA CABANG KELAS MENENGAH DI PT ASURANSI RAMAYANA TBK SILMI KAFFAH |
Tujuan penerapan Total Quality Management adalah untuk memperbaiki kualitas
secara terus-menerus sehingga perusahaan dapat meningkatkan laba. PT Asuransi Ramayana Tbk mulai menerapkan konsep Total
Quality Management yang
dikenal dengan istilah “Peningkatan Kualitas dan Pelayanan” sejak 1 Januari 2015. Adapun maksud PT Asuransi Ramayana Tbk menerapkan konsep TQM ini salah
satunya agar kualitas setiap cabang dapat menjadi lebih baik dan setara. Pada
penelitian ini, penulis melakukan perbandingan penerapan Total Quality
Management pada cabang menengah di
PT Asuransi Ramayana Tbk dengan menyebarkan kuisoner kepada cabang menengah
yaitu cabang Padang, Medan, Pekanbaru, Batam, Serpong, Senen dan Cirebon dengan total responden
200 orang. Kuisioner berisikan pertanyaan tentang aspek fokus
pada pelanggan, perbaikan berkesinambungan, pendidikan dan pelatihan,
pemberdayaan karyawan serta kepemimpinan dan kerjasama tim. Pengujian
hipotesis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji Kruskall Wallis.
Hasil penelitian adalah terdapat perbedaan
penerapan pada konsep fokus pada pelanggan, perbaikan berkesinambungan
serta kepemimpinan dan kerjasama tim sedangkan untuk variabel pendidikan dan
pelatihan serta pemberdayaan karyawan tidak terdapat perbedaan secara
signifikan Kata Kunci :Total Quality Management Pembimbing 1 :Josephine Sudiman, Ph.D., Ak Pembimbing 2 :Ulfi Maryati, SE., M.Ak.,Ak Tahun Pembuatan :2016 |