Guest

Selamat Datang di TUGAS AKHIR DIGITAL

Abstrak | Full Paper
ANALISA BREAK EVEN POINT MULTI PRODUK SEBAGAI ALAT PERENCANAAN LABA PADA USAHA ARLEN SHOES
SRI AFRINA
Analisa break even point dapat digunakan oleh manajemen untuk melakukan perencanaan jumlah produk yang harus diproduksi untuk mencapai target laba. Dalam analisa break even point, biaya diklasifikasikan menjadi biaya tetap dan biaya variabel. Pemilik Usaha Arlen Shoes belum pernah melakukan pemisahan biaya–biaya yang dikeluarkan, begitu juga dengan perhitungan pendapatan bersihnya. Setiap hari usaha ini dapat menghasilkan ukuran klene, ukuran anak-anak, ukuran tanggung dan ukuran dewasa, masing-masing 20 pasang, 40 pasang, 60 pasang dan 80 pasang. BEP pada Usaha Arlen Shoes berada pada penjualan 45,4 paket dengan bauran penjualan 1:2:3:4. Jumlah penjualan untuk masing-masing produk untuk mencapai BEP tersebut adalah 45 pasang atau Rp 675.000 untuk ukuran klene, 91 pasang atau Rp 1.592.500 untuk ukuran anak-anak, 136 pasang atau Rp 2.720.000 untuk ukuran tanggung dan 182 pasang atau Rp 4.550.000 untuk ukuran dewasa. Apabila perusahaan ingin memperoleh laba, maka harus menjual produknya di atas titik impas.

Kata Kunci :-
Pembimbing 1 :Desi Handayani, SE. Ak
Pembimbing 2 :Gustati, SE., M. Si., Ak
Tahun Pembuatan :2008