Guest

Selamat Datang di TUGAS AKHIR DIGITAL

Abstrak | Full Paper
ANALISA BREAK EVEN POINT MULTIPLE PRODUCT SEBAGAI ALAT PERENCANAAN LABA pada USAHA SHERLY
RAHMADIA MARTIN
Salah satu tujuan perusahaan adalah memperoleh laba yang maksimal.  Besarnya laba dipengaruhi oleh tiga faktor yaitu biaya, harga jual dan volume penjualan. Dalam perencanaan laba dapat digunakan analisa Break Even Point. Break even poin adalah suatu kondisi dimana laba perusahaan sama dengan nol atau total pendapatan sama dengan total biaya yang dikeluarkan. Hal ini berarti penjualan di atas titik BEP akan memperoleh laba dan penjualan di bawah titik BEP akan menderita kerugian.Analisa Break Even Point Multiple Product dapat digunakan identifikasi bauran penjualan yang merupakan kombinasi relatif dari produk yang sedang dijual perusahaan.  Usaha sherly adalah usaha manufaktur yang mengolah hasil pertanian ubi kayu.  Produk-produk yang dihasilkan usaha sherly adalah sanjai, karak kaliang dan kerupuk lento.  Usaha ini tidak mengelompokkan biaya-biaya yang terjadi.  Dengan analisa Break Even Point Multiple Product ini, usaha sherly dapat merencanakan laba dan mengetahui berapa produk yang harus dijual untuk mencapai titk BEP, mengetahui margin pengaman dari penjualan, mengetahui tingkat pengungkit operasi, mengetahui titik tutup usaha dan merencanakan laba.

Kata Kunci :-
Pembimbing 1 :Ferdawati,SE.,M.Sc.,Ak.CA
Pembimbing 2 :Armel Yentifa, SE.,M.Si.Ak
Tahun Pembuatan :2007