Guest

Selamat Datang di TUGAS AKHIR DIGITAL

Abstrak | Full Paper
PENERAPAN COST VOLUME PROFIT ANALYSIS SEBAGAI ALAT PERENCANAAN LABA (STUDI KASUS USAHA MAKANAN RINGAN METTY)
TRIS RAMONA JUWITA
Cost Volume Profit Analysis (CVP) adalah suatu metode atau perhitungan yang digunakan dalam melakukan perencanaan laba. Tahapan melakukan metode CVP adalah dengan melakukan penggolongan terhadap biaya-biaya yang dikeluarkan menjadi biaya tetap, biaya variabel dan biaya semivariabel, menghitung titik impas, melakukan identifikasi bauran penjualan, merencanakan target laba multi produk, menghitung risiko dan ketidakpastian dalam melakukan Analisis Sensitivitas. Pada penelitian ini, Cost Volume Profit Analysis akan coba diterapkan pada sebuah usaha manufaktur yaitu Usaha Makanan Ringan Metty agar usaha tersebut dapat memperoleh laba yang maksimal. Usaha Makanan Ringan Metty adalah perusahaan yang bergerak dibidang manufaktur yaitu memproduksi makanan ringan. Setelah melakukan penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa perusahaan akan dapat menghitung berapa penjualan yang harus dilakukan untuk mendapatkan laba yang diinginkan, contohnya jika perusahaan menginginkan laba sebesar Rp 200.000.000, maka dengan menggunakan CVP dapat diketahui penjualan minimal yang harus dilakukan adalah sebesar 16.834 untuk produk Serundeng Kentang Balado, 9.620 untuk produk Kue Bawang Bengkuang dan 10.822 untuk produk Kue Bengkuang Coklat. berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk menghasilkan laba yang maksimal juga dapat diperhitungkan pada Penelitian ini. Dengan begitu, laba yang diinginkan perusahaan akan bisa dicapai dengan baik. Penelitian ini juga melakukan Analisis Sensitivitas terhadap perubahan-perubahan asumsi-asumsi biaya CVP yang mana akan berpengaruh pada tingkat penjualan minimal perusahaan.

Kata Kunci :Cost,Titik impas,Bauran Penjualan,Target Laba,MOS,DOL, Analisis Sensitivitas
Pembimbing 1 :Desi Handayani, SE. Ak
Pembimbing 2 :Ferdawati, SE.,M.Sc,Ak
Tahun Pembuatan :2014