Guest

Selamat Datang di TUGAS AKHIR DIGITAL

Abstrak | Full Paper
PENGUKURAN KINERJA DAN RANCANGAN BALANCED SCORECARD PADA MADRASAH ALIYAH AR RISALAH
DEFANI SERLA
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ukuran kinerja yang digunakan oleh Madrasah Aliyah (MA) Ar Risalah serta merancang model pengukuran kinerja pada madrasah tersebut dengan menggunakan Balanced Scorecard (BSC). Data dalam penelitian ini diperoleh melalui wawancara langsung dengan pihak madrasah dan review dokumen yang berhubungan dengan topik penelitian. Hasil penelitian ini menemukan bahwa pengukuran kinerja yang selama ini digunakan oleh MA Ar Risalah hanya berdasarkan keterampilan, kedisiplinan dan kehadiran guru maupun pegawainya, sedangkan aspek-aspek lainnya belum terukur dengan jelas. Oleh karena itu, peneliti merancang model pengukuran kinerja untuk MA Ar Risalah dengan menggunakan empat perspektif BSC. Pada perspektif pelanggan, untuk mencapai tingkat kepuasan pelanggan pihak madrasah harus memperhatikan reputasi madrasah, kualitas layanan pendidikan, dan hubungan kerjasama yang dilakukan madrasah, pada perspektif proses bisnis internal ukurannya yaitu kualitas proses belajar mengajar, sarana prasarana madrasah, dan prestasi akademik dan non akademik, selanjutnya pada perspektif pembelajaran dan pertumbuhan ukurannya yaitu kualitas guru dan pegawai dalam menghasilkan kinerja yang lebih baik dengan memperhatikan kesejahteraannya, sedangkan pada perspektif keuangan ukurannya meliputi pemanfaatan anggaran dengan efektif, selain itu madrasah harus dapat mewujudkan penggalangan dana dan mengoptimalisasi aset wakaf. Penelitian ini juga menyarankan agar MA Ar Risalah dapat mempertimbangkan untuk mengimplementasikan BSC agar kinerjanya lebih terukur.

Kata Kunci :-
Pembimbing 1 :Hidayatul Ihsan, Ph.D.,Ak
Pembimbing 2 :Dedy Djefris SE. M.Ak, Ak
Tahun Pembuatan :2015