Guest

Selamat Datang di TUGAS AKHIR DIGITAL

Abstrak | Full Paper
PENGARUH ADVERTISING INTENSITY DAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP PENGHINDARAN PAJAK PERUSAHAAN
Rafif Zikrillah
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh intensitas iklan (advertising intensity) dan tata kelola perusahaan (corporate governance) terhadap penghindaran pajak perusahaan. Penelitian ini juga menguji pengaruh moderasi dari corporate governance terhadap hubungan intensitas iklan (advertising intensity) dengan penghindaran pajak perusahaan. Sampel yang digunakan seluruh perusahaan sektor non-keuangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada periode 2015-2021. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling sehingga diperoleh total observasi 67 perusahaan. Analisis yang digunakan adalah analisis data panel menggunakan software Stata 14. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: intensitas iklan (advertising intensity) berpengaruh positif terhadap penghindaran pajak, namun proporsi dewan komisaris independen, proporsi dewan komisaris wanita, dan moderasi dewan komisaris tidak berpengaruh terhadap penghindaran pajak. Penelitian ini juga menemukan adanya pengaruh moderasi dari elemen tata kelola yaitu diversifikasi dewan (board diversity) yang diproksi dengan dewan komisaris wanita, terbukti memperlemah memperlemah hubungan positif advertising intensity terhadap penghindaran pajakKata kunci : Intensitas Iklan, Dewan Komisaris Independen, Keberagaman Dewan, Penghindaran Pajak
Kata Kunci :Intensitas Iklan, Dewan Komisaris Independen, Keberagaman Dewan, Penghindaran Pajak
Pembimbing 1 :Yossi Septriani, SE., M.Acc., Ak
Pembimbing 2 :Fitra Oliyan, S.S.T., M.Si
Tahun Pembuatan :2023