Selamat Datang di TUGAS AKHIR DIGITAL
Abstrak | Full Paper |
PENGARUH ADVERTISING INTENSITY DAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP PENGHINDARAN PAJAK PERUSAHAAN Rafif Zikrillah |
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh intensitas iklan (advertising intensity) dan tata
kelola perusahaan (corporate governance) terhadap penghindaran pajak perusahaan. Penelitian
ini juga menguji pengaruh moderasi dari corporate governance terhadap hubungan intensitas
iklan (advertising intensity) dengan penghindaran pajak perusahaan. Sampel yang digunakan
seluruh perusahaan sektor non-keuangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada periode
2015-2021. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling sehingga
diperoleh total observasi 67 perusahaan. Analisis yang digunakan adalah analisis data panel
menggunakan software Stata 14. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: intensitas iklan
(advertising intensity) berpengaruh positif terhadap penghindaran pajak, namun proporsi
dewan komisaris independen, proporsi dewan komisaris wanita, dan moderasi dewan komisaris
tidak berpengaruh terhadap penghindaran pajak. Penelitian ini juga menemukan adanya
pengaruh moderasi dari elemen tata kelola yaitu diversifikasi dewan (board diversity) yang
diproksi dengan dewan komisaris wanita, terbukti memperlemah memperlemah hubungan
positif advertising intensity terhadap penghindaran pajakKata kunci : Intensitas Iklan, Dewan Komisaris Independen, Keberagaman Dewan,
Penghindaran Pajak Kata Kunci :Intensitas Iklan, Dewan Komisaris Independen, Keberagaman Dewan, Penghindaran Pajak Pembimbing 1 :Yossi Septriani, SE., M.Acc., Ak Pembimbing 2 :Fitra Oliyan, S.S.T., M.Si Tahun Pembuatan :2023 |