Guest

Selamat Datang di TUGAS AKHIR DIGITAL

Abstrak | Full Paper
PENGARUH PERCEIVED EASE OF USE, PERCEIVED USEFULNESS, DAN TRUST SEBAGAI VARIABEL INTERVENING TERHADAP MINAT PENGGUNAAN BANK DIGITAL PADA GENERASI MILENIAL (GEN Y) & GENERASI Z (GEN Z)
Zhavira Rizkyla
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis apakah perceived usefulness dan perceived ease of use memiliki pengaruh terhadapminat penggunaan bank digital, baik secara langsung ataupun tidak langsung melalui trust sebagai variabel intervening. Penelitian ini menggunakan metode convenience sampling dengan melibatkan 171 responden yang berasal dari Generasi Milenial (Gen Y) dan Generasi Z (Gen Z). Dari jumlah tersebut, sebanyak 170 data dianggap valid dan reliabel untuk diolah. Dalam penelitian ini digunakan metode survei di mana semua informasi diperoleh melalui kuesioner yang disebar secara elektronik kepada semua responden. Seluruh data yang terkumpul dianalisis dengan software smartPLS versi 3.0 dengan pendekatan path analaysis. Berdasarkan hasil analisis data, penulis menyimpulkan bahwa perceived usefulness dan perceived ease of use memiliki peranan yang signifikan dalam mempengaruhi trust (kepercayaan) untuk menggunakan suatu bank digital. Selain itu, terdapat temuan bahwa perceived usefulness secara langsung mempengaruhi minat penggunaan bank digital, sedangkan perceived ease of use tidak memiliki pengaruh langsung terhadap minat penggunaan. Namun melalui trust sebagai intervening, perceived ease of use danperceived usefulness memiliki pengaruh secara tidak langsung terhadap minat penggunaan bank digital.  Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa trust memiliki pengaruh yang lebih kuat dalam memediasi hubungan antara variabel perceived usefulnessdan perceived ease of use dengan variabel minat penggunaan bank digital yang menjadi fokus penelitian.
Kata Kunci :TAM, Trust, Generasi Milenial, Generasi Z, Bank Digital
Pembimbing 1 :Reno Fithri Meuthia, SE. Ak.,M.Si
Pembimbing 2 :Irda Rosita, SE., M.Ec. St.Ak
Tahun Pembuatan :2023