Guest

Selamat Datang di TUGAS AKHIR DIGITAL

Abstrak | Full Paper
MODEL PENGEMBANGAN KOMPETENSI MAHASISWA AKUNTANSI DALAM BIDANG AUDIT UNTUK MENGHADAPI DISRUPTION ERA
Renda Saura
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model pembelajaran relevan yang digunakan oleh PerguruanTinggi dalam mengembangkan kompetensi mahasiswa akuntansi dalam bidang audit untuk menghadapi disruption era. Perkembangan teknologi yang terjadi pada disruption era ini memberikan dampak terhadap profesi auditor sehingga pentingnya untuk meningkatkan kompetensi agar mampu beradaptasi dengan perubahan teknologi yang terjadi saat ini. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan pendekatan kuantitatif deskriptif. Penarikan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling yang melibatkan praktisi di bidang akuntansi, keuangan, auditing, dan mahasiswa aktif Jurusan Akuntansi di seluruh Indonesia yang telah melaksanakan Praktek Kerja Lapangan (PKL). Penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh melalui kuesioner dan penelusuran pada Rencana Pembelajaran Semester (RPS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi yang relevan bagi mahasiswa akuntansi dalam bidang audit yang sesuai dengan kebutuhan industri adalah kompetensi intelektual, teknikal dan fungsional, organisasi dan manajemen, interpersonal dan komunikasi, serta personal. Hasil penelitian berikutnya menunjukkan bahwa metode pembelajaran yang relevan bagi Perguruan Tinggi yang sesuai dengan kebutuhan industri adalah ceramah, diskusi kelompok, dan cooperative learning (Dasar-Dasar Audit), diskusi kelompok dan simulasi (Audit Lanjutan), case-based learning dan project-based learning (Praktikum Audit).Kata Kunci: Model Pembelajaran, Metode Pembelajaran, Kompetensi
Kata Kunci :Model Pembelajaran, Metode Pembelajaran, Kompetensi
Pembimbing 1 :Dr. Anda Dwiharyadi, SE.,M.Si.Ak
Pembimbing 2 :Dr. Zalida Afni, SE.,M.Ak
Tahun Pembuatan :2023