Guest

Selamat Datang di TUGAS AKHIR DIGITAL

Abstrak | Full Paper
ANALISIS STRATEGI SOCIAL ENTERPRISE UNTUK MENINGKATKAN FINANCIAL LITERACY
Lani Triana Putri
Perusahaan sosial adalah organisasi yang memiliki misi sosial dan menggunakan teknik menghasilkan pendapatan yang inovatif untuk memenuhi misi sosial mereka. Misi sosial dalam wirausaha sosial adalah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui praktik bisnis yang baik. Badan Usaha Milik Nagari (BUMNag) adalah organisasi yang dijalankan dengan model bisnis wirausaha sosial. Oleh karena itu, berdirinya BUMNag bertujuan untuk mendapatkan keuntungan melalui pemberdayaan kepada masyarakat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggali bagaimana peran BUMNag dalam meningkatkan literasi keuangan masyarakat desa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data yang dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dokumentasi, kemudian data yang dianalisis menggunakan Theory of Planned Behavior (TPB) untuk menyelidiki ide inovatif BUMNag tentang "simpanan bajapuik" dalam meningkatkan literasi keuangan. Informan berjumlah 10 orang, 5 pengelola BUMNag dan 5 orang nasabah simpanan bajapuik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi program simpanan bajapuik yang dilaksanakan oleh BUMNag Pakandangan EMAS efektif meningkatkan literasi keuangan masyarakat, dan dapat memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang urgensi melakukan penyetoran mulai sekarang untuk mengantisipasi risiko yang akan terjadi di masa depan.
Kata Kunci :Perusahaan Sosial, Badan Usaha Milik Nagari, Theory of Planned Behavior, Literasi Keuangan, Manfaat Sosial
Pembimbing 1 :Dr. Eka Siskawati, SE., M.Sc., Ak., CA.
Pembimbing 2 :Hidayatul Ihsan, SE., M.Sc., Ph.D.,CA.
Tahun Pembuatan :2022