Selamat Datang di TUGAS AKHIR DIGITAL
Abstrak | Full Paper |
ANALISIS STRATEGI SOCIAL ENTERPRISE UNTUK MENINGKATKAN FINANCIAL LITERACY Lani Triana Putri |
Perusahaan sosial adalah organisasi yang memiliki misi sosial dan menggunakan
teknik menghasilkan pendapatan yang inovatif untuk memenuhi misi sosial mereka.
Misi sosial dalam wirausaha sosial adalah untuk meningkatkan kesejahteraan
masyarakat melalui praktik bisnis yang baik. Badan Usaha Milik Nagari (BUMNag)
adalah organisasi yang dijalankan dengan model bisnis wirausaha sosial. Oleh
karena itu, berdirinya BUMNag bertujuan untuk mendapatkan keuntungan melalui
pemberdayaan kepada masyarakat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk
menggali bagaimana peran BUMNag dalam meningkatkan literasi keuangan masyarakat
desa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data yang dikumpulkan
melalui observasi, wawancara, dokumentasi, kemudian data yang dianalisis
menggunakan Theory of Planned Behavior (TPB) untuk menyelidiki ide
inovatif BUMNag tentang "simpanan bajapuik"
dalam meningkatkan literasi keuangan. Informan berjumlah 10 orang, 5 pengelola
BUMNag dan 5 orang nasabah simpanan bajapuik.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi program simpanan bajapuik yang dilaksanakan oleh
BUMNag Pakandangan EMAS efektif
meningkatkan literasi keuangan masyarakat, dan dapat memberikan pemahaman
kepada masyarakat tentang urgensi melakukan penyetoran mulai sekarang untuk
mengantisipasi risiko yang akan terjadi di masa depan. Kata Kunci :Perusahaan Sosial, Badan Usaha Milik Nagari, Theory of Planned Behavior, Literasi Keuangan, Manfaat Sosial Pembimbing 1 :Dr. Eka Siskawati, SE., M.Sc., Ak., CA. Pembimbing 2 :Hidayatul Ihsan, SE., M.Sc., Ph.D.,CA. Tahun Pembuatan :2022 |