Guest

Selamat Datang di TUGAS AKHIR DIGITAL

Abstrak | Full Paper
PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) TERHADAP PROFITABILITAS (STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2018-2021)
Velli Maita Putri
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) terhadap profitabilitas. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi data panel dan data diolah menggunakan software STATA versi 16. Pengungkapan aspek ekonomi, lingkungan, dan sosial CSR sebagai variabel independen, ukuran perusahaan dan sub-sektor sebagai variabel kontrol dan profitabilitas yang diproyeksikan dengan Return on Asset (ROA) dan Net Profit Margin (NPM) sebagai variabel dependen. Penelitian ini dilakukan pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2018-2021. Pemilihan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode purposive sampling dan diperoleh 29 perusahaan sampel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada pengungkapan CSR aspek ekonomi, lingkungan, dan sosial tidak berpengaruh secara signifikan terhadap ROA. Begitu juga dengan pengungkapan CSR aspek lingkungan dan sosial yang tidak berpengaruh secara signifikan terhadap NPM. Namun, pada pengungkapan CSR aspek sosial ekonomi memiliki pengaruh signifikan terhadap NPM.
Kata Kunci :Corporate Social Responsibility (CSR), Return on Asset (ROA), Net Profit Margin (NPM)
Pembimbing 1 :Endrawati, SE., M. Kom, Ak
Pembimbing 2 :Elfitri Santi, SE., M.Kom.Ak
Tahun Pembuatan :2022