Guest

Selamat Datang di TUGAS AKHIR DIGITAL

Abstrak | Full Paper
PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL, MINAT BELAJAR, DAN PERILAKU BELAJAR TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN AKUNTANSI DASAR (Studi Kasus Mahasiswa Akuntansi Politeknik Negeri Padang)
Tesa Sofyra
ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional, minat belajar, dan perilaku belajar terhadap tingkat pemahaman akuntansi dasar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Metode pengumpulan data dengan menggunakan instrumen kuesioner yang disebarkan secara online  melalui google form. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa Akuntansi Politeknik Negeri Padang angkatan tahun 2018, 2019, dan 2020 untuk prodi DIV Akuntansi dan angkatan tahun 2019 dan 2020 untuk prodi DIII Akuntansi sejumlah 367 orang. Sampel penelitian berjumlah 159 orang. Sampel diambil dengan menggunakan metode pemilihan dengan kriteria tertentu. Analisis data yang digunakan adala analisis regresi linier berganda dengan menggunakan program SPSS versi 23. Berdasarkan hasil pengolahan data dapat disimpulkan bahwa secara parsial kecerdasan emosional tidak berpengaruh signifikan terhadap tingkat pemahaman akuntansi dasar, minat belajar berpengaruh signifikan terhadap terhadap tingkat pemahaman akuntansi dasar dan perilaku belajar berpengaruh signifikan terhadap tingkat pemahaman akuntansi dasar, sedangkan secara simultan kecerdasan emosional, minat belajar, dan perilaku belajar berpengaruh terhadap tingkat pemahaman akuntansi dasar.  
Kata Kunci :Kata kunci: Kecerdasan Emosional, Minat Belajar, dan Perilaku Belajar.
Pembimbing 1 :Sukartni, SE., M.Kom., Ak.,CA
Pembimbing 2 :Yossi Septriani,SE., M.Acc. AK
Tahun Pembuatan :2022