Selamat Datang di TUGAS AKHIR DIGITAL
Abstrak | Full Paper |
PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL, MINAT BELAJAR, DAN PERILAKU BELAJAR TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN AKUNTANSI DASAR (Studi Kasus Mahasiswa Akuntansi Politeknik Negeri Padang) Tesa Sofyra |
ABSTRAKPenelitian ini
bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan
emosional, minat belajar, dan perilaku belajar terhadap tingkat pemahaman
akuntansi dasar.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Metode pengumpulan data dengan
menggunakan instrumen kuesioner yang disebarkan secara online melalui google
form. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa Akuntansi
Politeknik Negeri Padang angkatan tahun 2018, 2019, dan 2020 untuk prodi DIV
Akuntansi dan angkatan tahun 2019 dan 2020 untuk prodi DIII Akuntansi sejumlah
367 orang. Sampel penelitian berjumlah 159 orang. Sampel diambil dengan
menggunakan metode pemilihan dengan kriteria tertentu. Analisis data
yang digunakan adala analisis regresi linier berganda dengan menggunakan
program SPSS versi 23. Berdasarkan hasil pengolahan data dapat disimpulkan
bahwa secara parsial kecerdasan
emosional tidak berpengaruh
signifikan terhadap tingkat pemahaman akuntansi dasar, minat belajar berpengaruh signifikan terhadap terhadap
tingkat pemahaman akuntansi dasar dan perilaku belajar
berpengaruh signifikan terhadap tingkat pemahaman akuntansi dasar, sedangkan
secara simultan kecerdasan emosional, minat belajar, dan perilaku
belajar berpengaruh terhadap tingkat pemahaman akuntansi dasar.
Kata Kunci :Kata kunci: Kecerdasan Emosional, Minat Belajar, dan Perilaku Belajar. Pembimbing 1 :Sukartni, SE., M.Kom., Ak.,CA Pembimbing 2 :Yossi Septriani,SE., M.Acc. AK Tahun Pembuatan :2022 |