Selamat Datang di TUGAS AKHIR DIGITAL
Abstrak | Full Paper |
RELEVANSI FUNGSI DAN FORMULA DI MICROSOFT EXCEL PADA TENAGA KERJA AKUNTAN Dwindy Harmadani |
Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui relevansi fungsi dan formula di Microsoft Excel pada
pekerjaan yang berhubungan dengan
bidang akuntansi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif analitik. Metode pengumpulan data penelitian
ini adalah wawancara. Penelitian ini berfokus pada lulusan Jurusan Akuntansi yang bekerja di kantor
akuntan publik dan di perusahaan serta sering menggunakan Microsoft
Excel dalam melakukan
pekerjaannya. Teknik analisis
data yang digunakan
adalah teknik analisis
model interaktif. Pengujian
keabsahan data dalam penelitian ini meliputi uji credibility, uji transferability, uji dependence
dan uji confirmability. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan fungsi dan formula pada Microsoft Excel relevan
dalam membantu lulusan akuntansi bekerja secara efektif dan efisien. Hasil penelitian terdapat
penggunaan fungsi dan formula yaitu fungsi Tab
Home berupa fitur Font, Allignment, Number, Conditional
Formatting, Auto Sum, Sort & Filter and Find & Select; Fungsi Tab Insert
penggunaan fitur Chart, Pivot Table,
Hyperlink dan fitur Header &
Footer; Fungsi Tab Page Layout fitur Page Setup dan Scale to Fit;
Fungsi Tab Formula yaitu formula
Dasar, If, Subtotal, Sum, Sumif,
Vlookup, Hlookup, If Error, Max, Round, Date, Now dan Concatenate; Fungsi Tab Data yaitu fitur Filter
dan fitur Group-Ungroup; Fungsi
Tab View yaitu fitur Freeze-Unfreeze.
Kata Kunci:
Relevan, Fungsi dan Formula, Microsoft
Excel Kata Kunci :Relevan, Fungsi dan Formula, Microsoft Excel Pembimbing 1 :Josephine Sudiman Pembimbing 2 :Reno Fithri Meuthia Tahun Pembuatan :2022 |