Selamat Datang di TUGAS AKHIR DIGITAL
Abstrak | Full Paper |
FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI PERILAKU PENGGUNAAN FITUR PAYLATER PADA APLIKASI SHOPEE (SPAYLATER) DENGAN MODEL UTAUT2 Oca Amartya Awdes |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang dapat memengaruhi
perilaku penggunaan fitur paylater pada aplikasi Shopee (SPayLater) dengan
menggunakan model Unified Theory of Acceptance and Use of Technology 2
(UTAUT2). Responden penelitian ini adalah mahasiswa/i Politeknik Negeri Padang
yang menggunakan fitur paylater pada aplikasi Shopee (SPayLater). Teknik pemilihan
sampel adalah accidental sampling. Data yang digunakan adalah data primer yang
diperoleh menggunakan teknik survey dengan menyebarkan kuesioner secara online
melalui google form. Analisis data penelitian menggunakan analisis regresi linear berganda dengan bantuan program IBM SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa variabel ekspektasi kinerja (performance expectancy) dan variabel kebiasaan
(habit) berpengaruh positif terhadap perilaku penggunaan fitur paylater pada aplikasi
Shopee (SPayLater), sedangkan variabel ekspektasi usaha (effort expectancy), pengaruh
sosial (social influence), fasilitas pendukung (facilitating condition), motivasi hedonis
(hedonic motivation), dan nilai harga (price value) tidak berpengaruh positif terhadap
perilaku penggunaan fitur paylater pada aplikasi Shopee (SPayLater). Kata Kunci :Fitur paylater, Shopee, Perilaku Penggunaan, Unified Theory of Acceptance and Use of Technology 2 (UTAUT2) Pembimbing 1 :Firman Surya, SE., M.Si., Ak, CA Pembimbing 2 :Zahara, SE., M.Ak., Ak, CA Tahun Pembuatan :2022 |