Selamat Datang di TUGAS AKHIR DIGITAL
Abstrak | Full Paper |
PENGUKURAN TINGKAT KESIAPAN E-LEARNING (E-LEARNING READINESS) STUDI KASUS PADA JURUSAN AKUNTANSI POLITEKNIK NEGERI PADANG MAULANA IHSAN AGUSTINO |
Tugas Akhir ini bertujuan untuk mengukur tingkat kesiapan e-learning (e-learning readiness)
Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Padang. Penelitian ini menggunakan enam faktor untuk
mengukur e-learning readiness yang dikembangkan oleh Fariani (2005). Data diperoleh dari
kuesioner berdasarkan faktor sumber daya manusia, teknologi, konten, keuangan, infrastruktur,
dan organisasi dengan menggunakan lima skalat Likert. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa
untuk faktor Finansial masih belum siap dan masih perlu banyak perbaikan. Hal ini terlihat dari
skor yang diperoleh untuk faktor Finansial adalah sebesar = 3,31 (lebih kecil dari 3,4 sebagai
skor standar untuk penerapan e-Learning). Akan tetapi hal ini berbeda ketika faktor Finansial di
kelompokkan menjadi 2 (dua), yaitu kelompok Struktural dan Non Struktural. Skor yang diperoleh
untuk masing-masing kelompok tersebut adalah sebesar ELR = 3,57 & 3,29. Hal ini
menunjukkan bahwa adanya kesenjangan informasi keuangan terkait dengan penerapan e-learning
antara dosen yang memiliki jabatan struktural di jurusan dengan yang tidak mempunyai jabatan
struktural. Secara umum, dosen-dosen Jurusan Akuntansi sudah siap untuk menerapkan e-learning
pada proses pembelajaran, namun masih diperlukan pembenahan dari segi SDM, Teknologi,
Konten, Infrastruktur, dan Organisasi Kata Kunci :E-Learning Readiness, Politeknik Negeri Padang, Pembelajaran Online, dan Finansial Pembimbing 1 :Ferdawati, SE., M.Sc.Ak.CA Pembimbing 2 :Reno Fitri Meuthia, SE.,Ak.,M.Si Tahun Pembuatan :2020 |