Guest

Selamat Datang di TUGAS AKHIR DIGITAL

Abstrak | Full Paper
PENGUKURAN TINGKAT KESIAPAN E-LEARNING (E-LEARNING READINESS) STUDI KASUS PADA JURUSAN AKUNTANSI POLITEKNIK NEGERI PADANG
MAULANA IHSAN AGUSTINO
Tugas Akhir ini bertujuan untuk mengukur tingkat kesiapan e-learning (e-learning readiness) Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Padang. Penelitian ini menggunakan enam faktor untuk mengukur e-learning readiness yang dikembangkan oleh Fariani (2005). Data diperoleh dari kuesioner berdasarkan faktor sumber daya manusia, teknologi, konten, keuangan, infrastruktur, dan organisasi dengan menggunakan lima skalat Likert. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa untuk faktor Finansial masih belum siap dan masih perlu banyak perbaikan. Hal ini terlihat dari skor yang diperoleh untuk faktor Finansial adalah sebesar = 3,31 (lebih kecil dari 3,4 sebagai skor standar untuk penerapan e-Learning). Akan tetapi hal ini berbeda ketika faktor Finansial di kelompokkan menjadi 2 (dua), yaitu kelompok Struktural dan Non Struktural. Skor yang diperoleh untuk masing-masing kelompok tersebut adalah sebesar ELR = 3,57 & 3,29. Hal ini menunjukkan bahwa adanya kesenjangan informasi keuangan terkait dengan penerapan e-learning antara dosen yang memiliki jabatan struktural di jurusan dengan yang tidak mempunyai jabatan struktural. Secara umum, dosen-dosen Jurusan Akuntansi sudah siap untuk menerapkan e-learning pada proses pembelajaran, namun masih diperlukan pembenahan dari segi SDM, Teknologi, Konten, Infrastruktur, dan Organisasi
Kata Kunci :E-Learning Readiness, Politeknik Negeri Padang, Pembelajaran Online, dan Finansial
Pembimbing 1 :Ferdawati, SE., M.Sc.Ak.CA
Pembimbing 2 :Reno Fitri Meuthia, SE.,Ak.,M.Si
Tahun Pembuatan :2020