Selamat Datang di TUGAS AKHIR DIGITAL
Abstrak | Full Paper |
VIDEO PEMBELAJARAN DOSEN SEBAGAI MEDIA EFEKTIF: STUDI TENTANG MOTIVASI, KETERLIBATAN DAN PERSEPSI MAHASISWA Siti Halimatu Sa diah Nasa |
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi
apakah video pembelajaran mampu membantu mahasiswa dalam memahami materi pembelajaran dan mengidentifikasi apakah
video pembelajaran yang dibuat oleh dosen
pengampu mata kuliah lebih efektif dibandingkan video dari sumber lainnya. Data
yang digunakan adalah data primer melalui
kuesioner kepada 203 responden. Data dikumpulkan dengan metode survei melalui google form. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis
deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan
bahwa menurut persepsi mahasiswa video pembelajaran dapat membantu memahami
materi pembelajaran karena dapat
membantu mahasiswa mengulangi pelajaran terutama untuk menunjang dalam menghadapi ujian. Video pembelajaran yang
dibuat oleh dosen dinilai lebih efektif daripada video yang diambil dari sumber lainnya. Kesesuian
mata pelajaran dengan materi, ujian dan durasi mendorong video pembelajaran dibuat oleh dosen yang dibutuhkan oleh mahasiswa. Selain itu, masalah
sinyal yang terkadang terjadi atau terbatasnya kuota
internet juga menjadi alasan mengapa mahasiswa termotivasi untuk menonton video pembelajaran.
Motivasi mahasiswa untuk belajar melalui video pembelajaran yang dibuat oleh dosen
ini akan lebih
efektif jika durasi video sekitar
11 sampai 20 menit. Kata Kunci :Video Pembelajaran, Motivasi, Keterlibatan, Persepsi Mahasiswa, Disain Video Pembimbing 1 :Zalida Afni, SE., M.Ak., CA Pembimbing 2 :Dr. Anda Dwiharyadi, SE., M.Si.Ak., CA Tahun Pembuatan :2021 |