Guest

Selamat Datang di TUGAS AKHIR DIGITAL

Abstrak | Full Paper
VIDEO PEMBELAJARAN DOSEN SEBAGAI MEDIA EFEKTIF: STUDI TENTANG MOTIVASI, KETERLIBATAN DAN PERSEPSI MAHASISWA
Siti Halimatu Sa diah Nasa
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi apakah video pembelajaran mampu membantu mahasiswa dalam memahami materi pembelajaran dan mengidentifikasi apakah video pembelajaran yang dibuat oleh dosen pengampu mata kuliah lebih efektif dibandingkan video dari sumber lainnya. Data yang digunakan adalah data primer melalui kuesioner kepada 203 responden. Data dikumpulkan dengan metode survei melalui google form. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa menurut persepsi mahasiswa video pembelajaran dapat membantu memahami materi pembelajaran karena dapat membantu mahasiswa mengulangi pelajaran terutama untuk menunjang dalam menghadapi ujian. Video pembelajaran yang dibuat oleh dosen dinilai lebih efektif daripada video yang diambil dari sumber lainnya. Kesesuian mata pelajaran dengan materi, ujian dan durasi mendorong video pembelajaran dibuat oleh dosen yang dibutuhkan oleh mahasiswa. Selain itu, masalah sinyal yang terkadang terjadi atau terbatasnya kuota internet juga menjadi alasan mengapa mahasiswa termotivasi untuk menonton video pembelajaran. Motivasi mahasiswa untuk belajar melalui video pembelajaran yang dibuat oleh dosen ini akan lebih efektif jika durasi video sekitar 11 sampai 20 menit.
Kata Kunci :Video Pembelajaran, Motivasi, Keterlibatan, Persepsi Mahasiswa, Disain Video
Pembimbing 1 :Zalida Afni, SE., M.Ak., CA
Pembimbing 2 :Dr. Anda Dwiharyadi, SE., M.Si.Ak., CA
Tahun Pembuatan :2021