Guest

Selamat Datang di TUGAS AKHIR DIGITAL

Abstrak | Full Paper
ANALISIS KONTEN KURIKULUM AKUNTANSI PADA PERGURUAN TINGGI DI AMERIKA, EROPA, ASIA, DAN AUSTRALIA
Tasniem Fauzia
Perkembangan teknologi telah mendorong terjadinya perubahan tren di dunia bisnis dan keuangan. Perubahan ini memberikan dampak kepada pembelajaran dan kurikulum akuntansi yang ada di perguruan tinggi. Untuk itu, penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana kurikulum akuntansi perguruan tinggi di Amerika, Eropa, Asia dan Australia dalam menghasilkan lulusan yang kompeten serta melihat kesesuaian antara kompetensi lulusan dengan standar KKNI, kompetensi organisasi profesi dan kompetensi harapan user. Penelitian ini menggunakan mixed-method (analisis konten dan analisis statistik deskriptif). Hasil penelitian menunjukkan bahwa perguruan tinggi menyusun kurikulum akuntansi dengan mengarahkan lulusan untuk memiliki kompetensi di bidang akuntansi, bisnis, kompetensi umum dan kompetensi lainnya yang dapat mendukung karir lulusan. Kesesuian antara kompetensi lulusan yang dinilai berdasarkan kurikulum akuntansi perguruan tinggi dengan standar kompetensi lulusan berdasarkan KKNI sudah sesuai sedangkan antara kompetensi lulusan dengan kompetensi organisasi profesi dan kompetensi harapan user masih belum sesuai.
Kata Kunci :Kurikulum akuntansi, perkembangan teknologi, KKNI, kompetensi organisasi profesi, kompetensi harapan user
Pembimbing 1 :Zalida Afni, SE., M.Ak., CA
Pembimbing 2 :Elfitri Santi, SE., M.Kom., Ak
Tahun Pembuatan :2021