Selamat Datang di TUGAS AKHIR DIGITAL
Abstrak | Full Paper |
ANALISIS KONTEN KURIKULUM AKUNTANSI PADA PERGURUAN TINGGI DI AMERIKA, EROPA, ASIA, DAN AUSTRALIA Tasniem Fauzia |
Perkembangan teknologi telah mendorong
terjadinya perubahan tren di dunia bisnis dan keuangan. Perubahan ini
memberikan dampak kepada pembelajaran dan kurikulum akuntansi yang ada di
perguruan tinggi. Untuk itu, penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana
kurikulum akuntansi perguruan tinggi di Amerika, Eropa, Asia dan Australia
dalam menghasilkan lulusan yang kompeten serta melihat kesesuaian antara
kompetensi lulusan dengan standar KKNI, kompetensi organisasi profesi dan
kompetensi harapan user. Penelitian ini menggunakan mixed-method (analisis
konten dan analisis statistik deskriptif). Hasil penelitian menunjukkan bahwa
perguruan tinggi menyusun kurikulum akuntansi dengan mengarahkan lulusan untuk
memiliki kompetensi di bidang akuntansi, bisnis, kompetensi umum dan kompetensi
lainnya yang dapat mendukung karir lulusan. Kesesuian antara kompetensi lulusan
yang dinilai berdasarkan kurikulum akuntansi perguruan tinggi dengan standar
kompetensi lulusan berdasarkan KKNI sudah sesuai sedangkan antara kompetensi lulusan dengan kompetensi
organisasi profesi dan kompetensi harapan user masih belum sesuai. Kata Kunci :Kurikulum akuntansi, perkembangan teknologi, KKNI, kompetensi organisasi profesi, kompetensi harapan user Pembimbing 1 :Zalida Afni, SE., M.Ak., CA Pembimbing 2 :Elfitri Santi, SE., M.Kom., Ak Tahun Pembuatan :2021 |