Guest

Selamat Datang di TUGAS AKHIR DIGITAL

Abstrak | Full Paper
ANALISA PENGARUH KOMPETISI PASAR PRODUK, UKURAN PERUSAHAAN, LEVERAGE, PROFITABILITAS, PROPERTY, PLANT AND EQUIPMENT (PPE) DAN PERTUMBUHAN PENJUALAN TERHADAP TAX AVOIDANCE PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR DI INDONESIA
VIDYA RAMARUSAD
AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kompetisi pasar produk, ukuran perusahaan, leverage, profitabilitas, plant, property and equipment (PPE) dan pertumbuhan penjualan terhadap tax avoidance. Objek penelitian ini merupakan perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada periode tahun 2015 sampai dengan 2019. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Sampel ditentukan berdasarkan metode purposive sampling. Secara keseluruhan didapatkan sebanyak 134 perusahaan untuk dijadikan sampel yang memenuhi kriteria dan lolos masalah uji asumsi klasik. Sumber yang digunakan yakni data sekunder berupa laporan keuangan dan laporan tahunan yang diperoleh dari website Bursa Efek Indonesia (www.idx.co.id). Program pengolah data menggunakan program Statictical Product and Service Solution (SPSS) versi 25. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji regresi linier berganda. Berdasarkan hasil uji analisis linier berganda dengan tingkat signifikansi 5% hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa variabel kompetisi pasar produk, leverage, plant, property and equipment (PPE) dan pertumbuhan penjualan tidak berpengaruh terhadap tax avoidance, ukuran perusahaan berpengaruh positif terhadap tax avoidance, profitabilitas berpengaruh negatif terhadap tax avoidance.Kata kunci: Tax Avoidance, Kompetisi Pasar Produk, Ukuran Perusahaan, Leverage, Profitabilitas, Property, Plant and Equipment (PPE), Pertumbuhan Penjualan
Kata Kunci :pxknmMbQ
Pembimbing 1 :Desi Handayani, S.E., M., Ak.,CA
Pembimbing 2 :Ulfi Maryati, S.E., M., Ak, Ak
Tahun Pembuatan :2020