Guest

Selamat Datang di TUGAS AKHIR DIGITAL

Abstrak | Full Paper
Biaya Pelaksanaan Pembelajaran Daring di Tengah Masa Pandemi Covid-19: Studi Kasus pada Mahasiswa Jurusan Akuntansi Pokiteknik Negeri Padang
AYU LESTARI
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perspektif mahasiswa mengenaipengeluaran selama masa pandemi COVID-19, khususnya membandingkan biayaselama pembelajaran daring dan luring. Penelitian ini menggunakan metodekuantitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa Jurusan AkuntansiPoliteknik Negeri Padang angkatan 2017-2019. Jumlah responden pada penelitianini adalah sebanyak 184 responden. Instrumen penelitian yang digunakan berupakuesioner yang disebarkan melalui google form. Hasil dari penelitian menunjukkanbahwa pemasukan dan pengeluaran selama pembelajaran luring lebih tinggidibandingkan ketika pembelajaran daring pada masa pandemi COVID-19 ini. Halini tidak sejalan dengan persepsi mahasiswa yang menyatakan bahwa pengeluaranketika pembelajaran daring lebih tinggi dibandingkan pembelajaran luring.Berdasarkan hal tersebut, dapat diketahui bahwa mahasiswa terindikasimengalami bias dalam memberikan kesimpulan terkait pengeluaran yang lebihrendah pada pembelajaran luring dibandingkan dengan metode daring. Hal inididasarkan pada adanya faktor cognitive bias yaitu penyimpangan dalam prosespemahaman, pengolahan, dan pengambilan keputusan atas suatu informasi ataufakta yang biasanya dipengaruhi oleh lingkungan dan orang sekitarnya danemotional bias yang merupakan penyimpangan karena menitikberatkan padaperasaan dan spontanitas dari pada fakta.Kata kunci: Bias, COVID-19, Pembelajaran daring, Perspektif mahasiswa.
Kata Kunci :Kata kunci: Bias, COVID-19, Pembelajaran daring, Perspektif mahasiswa.
Pembimbing 1 :Josephine Sudiman, SE.,M.Acc.Ak.Ph.D
Pembimbing 2 :Firman Surya, SE.,M.Si.Ak
Tahun Pembuatan :2020