Selamat Datang di TUGAS AKHIR DIGITAL
Abstrak | Full Paper |
Pengaruh Pembelajaran di Perguruan Tinggi, Sosial Ekonomi Orang Tua, dan Gender terhadap Literasi Keuangan Mahasiswa ADELIA FEBRIANSIA |
PENGARUH PEMBELAJARAN DI PERGURUAN TINGGI, SOSIAL EKONOMI ORANG TUA, DAN GENDER TERHADAP LITERASI KEUANGAN MAHASISWA
Tugas Akhir oleh: Adelia Febriansia
Pembimbing 1. Ulfi Maryati, S.E.,M.Ak., 2. Ferdawati,S.E.,M.Sc.
ABSTRAK
Literasi keuangan diartikan sebagai kecerdasan juga kemampuan individu dalam mengelola keuangan. Literasi keuangan adalah keharusan untuk setiap individu terhindar dari masalah keuangan karena individu selalu dihadapkan dengan trade off situasi dimana individu tersebut harus mengorbankan kepentingan demi kepentingan lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui literasi keuangan mahasiswa yang dilihat dari pembelajaran di perguruan tinggi, sosial ekonomi orang tua, dan gender. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan menggunakan kuesioner sebagai instrumen penelitian. Objek penelitian ini adalah mahasiswa Jurusan Akuntansi T.A 2019/2020 Politeknik Negeri Padang (PNP) yang telah mempelajari salah satu mata kuliah Akuntansi Keuangan, Akuntansi Manajemen, dan Akuntansi Perbankan. Sampel yang ditarik dalam penelitian ini sebanyak 217 orang. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran di perguruan tinggi, sosial ekonomi orang tua, dan gender berpengaruh positif terhadap literasi keuangan mahasiswa. Selain itu, hasil penelitian ini juga dapat memberikan masukan kepada mahasiswa akan pentingnya pengetahuan atau pemahaman (literasi) keuangan sejak dini.
Kata Kunci :pembelajaran di perguruan tinggi, sosial ekonomi orang tua, gender, literasi Pembimbing 1 :Ulfi Maryati, S.E.,M.Ak., Pembimbing 2 :Ferdawati,S.E.,M.Sc. Tahun Pembuatan :2020 |