Selamat Datang di TUGAS AKHIR DIGITAL
Abstrak | Full Paper |
ANALISIS TINGKAT PEMAHAMAN AKUNTANSI MAHASISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN ROLE-PLAY (STUDI KASUS: MAHASISWA JURUSAN AKUNTANSI POLITEKNIK NEGERI PADANG) DIKI SUPRIADI |
Penelitian ini dilakukan pada Mahasiswa Jurusan Akuntansi
Politeknik Negeri Padang yang berperan sebagai akuntan junior dalam suatu model
pembelajaran role-play dengan tujuan
untuk mengetahui bagaimana tingkat pemahaman akuntansi mahasiswa melalui pengujian
modul praktik akuntansi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode
deskriptif kualitatif dengan melakukan wawancara, observasi dan dokumentasi untuk
memperoleh data serta informasi yang lebih akurat dan lengkap pada situasi dan
kondisi sebenarnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat participant dengan tingkat pemahaman akuntansi tinggi adalah sebanyak 58%, terdapat participant dengan tingkat pemahaman akuntansi sedang adalah sebanyak 25% dan
terdapat participant dengan tingkat pemahaman akuntansi rendah
adalah sebanyak 17%. Hasil juga menujukkan bahwa hambatan-hambatan selama model
pembelajaran role-play ini adalah
kurangnya participant dalam memahami
modul yang diberikan dan ketidakseriusan participant
dalam mengikuti model pembelajaran role-play. Kata Kunci :Tingkat pemahaman akuntansi, mahasiswa akuntansi, model pembelajaran role-play, modul praktik akuntansi Pembimbing 1 :Rasyidah Mustika, S.S.T., M.Acc Pembimbing 2 :Wiwik Andriani, SE., M.Si., Ak Tahun Pembuatan :2019 |