Guest

Selamat Datang di TUGAS AKHIR DIGITAL

Abstrak | Full Paper
ANALISIS TINGKAT PEMAHAMAN AKUNTANSI MAHASISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN ROLE-PLAY (STUDI KASUS: MAHASISWA JURUSAN AKUNTANSI POLITEKNIK NEGERI PADANG)
DIKI SUPRIADI
Penelitian ini dilakukan pada Mahasiswa Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Padang yang berperan sebagai akuntan junior dalam suatu model pembelajaran role-play dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana tingkat pemahaman akuntansi mahasiswa melalui pengujian modul praktik akuntansi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dengan melakukan wawancara, observasi dan dokumentasi untuk memperoleh data serta informasi yang lebih akurat dan lengkap pada situasi dan kondisi sebenarnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat participant dengan tingkat pemahaman akuntansi tinggi adalah sebanyak 58%, terdapat participant dengan tingkat pemahaman akuntansi sedang adalah sebanyak 25% dan terdapat participant dengan tingkat pemahaman akuntansi rendah adalah sebanyak 17%. Hasil juga menujukkan bahwa hambatan-hambatan selama model pembelajaran role-play ini adalah kurangnya participant dalam memahami modul yang diberikan dan ketidakseriusan participant dalam mengikuti model pembelajaran role-play.
Kata Kunci :Tingkat pemahaman akuntansi, mahasiswa akuntansi, model pembelajaran role-play, modul praktik akuntansi
Pembimbing 1 :Rasyidah Mustika, S.S.T., M.Acc
Pembimbing 2 :Wiwik Andriani, SE., M.Si., Ak
Tahun Pembuatan :2019