Guest

Selamat Datang di TUGAS AKHIR DIGITAL

Abstrak | Full Paper
Skeptisisme, Gender, dan Pengalaman Dosen Terhadap Tingkat Ketidakjujuran Akademis
FANJI INDRA JULIAN DINI
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh skeptisisme, gender dan pengalaman dosen terhadap tingkat ketidakjujuran akademis mahasiswa. Penelitian ini dilakukan pada dosen tata niaga Politeknik Negeri Padang. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan kuesioner sebagai metode pengumpulan data. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa skeptisisme dan pengalaman dosen berpengaruh signifikan terhadap temuan ketidakjujuran akademis mahasiswa. Hasil penelitian ini sejalan dengan Theories of Planned Behavior (TPB), Organization Theory dan Teori Kognitif Kontemporer dimana dosen yang bersikap skeptis akan terlihat menjauhkan diri dari isu ketidakjujuran akademis mahasiswa, sehingga memicu meningkatnya ketidakjujuran akademis yang terjadi. Penelitian ini dapat menjadi dasar bagi Politeknik Negeri Padang khususnya bagian tata  niaga yang terdiri dari jurusan Akuntansi, Administrasi Bisnis dan Bahasa Inggris untuk menentukan kebijakan yang tepat dalam mengatasi ketidakjujuran akademis mahasiswa, terutama kebijakan mengenai sanksi administratif bagi pelaku ketidakjujuran akademis. 
Kata Kunci :ketidakjujuran akademis, skeptisisme dosen, gender dosen, dan pengalaman dosen
Pembimbing 1 :Dr. Amy Fontanella, SE., M. Si. Ak., CA
Pembimbing 2 :Sukartini, SE., M. Kom. Ak., CA
Tahun Pembuatan :2019