Guest

Selamat Datang di TUGAS AKHIR DIGITAL

Abstrak | Full Paper
Analisis Pertumbuhan Pendapatan UMKM Setelah Bergabung Dengan Layanan Go-Food Pada Aplikasi Gojek
HELMI YANTI
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pertumbuhan pendapatan  pada UMKM Etalase Haruka Cafe dan Dua Pintu Coffee setelah bergabung dengan layanan Go-Food pada aplikasi Go-Jek. Etalase Haruka Cafe dan Dua Pintu Coffee adalah UMKM yang menyediakan makanan dan minuman yang kekinian. Etalase Haruka Cafe beralamat di Jalan M. Hatta No.5 Kelurahan Binuang Kampung Dalam Kecamatan Pauh Kota Padang sedangkan Dua Pintu Coffee beralamat di Jalan M. Hatta No.2 Kecamatan Kuranji Kota Padang.  Etalase Haruka Cafe bergabung dengan layanan Go-Food pada bulan Januari Tahun 2018 sementara  Dua Pintu Coffee bergabung dengan layanan Go-Food pada bulan Juni tahun 2017. Metode analisis yang digunakan  uji beda t-test dari sampel data penjualan sebelum dan sesudah bergabung  dengan layanan Go-Food.  Hasil dari uji beda   dengan mengunakan metode independent sample t-tes pada Etalase haruka Cafe menemukan bahwa terdapat perbedaan pendapatan setelah bergabung dengan layanan Go-Food, namun perbedaan pendapatan disebabkan oleh penurunan penjualan secara langsung, sedangkan Dua Pintu Coffee tidak terdapat perbedaan pendapatan setelah bergabung dengan layanan Go-Food. Jadi kesimpulannya layanan Go-Food tidak begitu berpengaruh terhadap penjualan Etalase Haruka Cafe dan Dua Pintu Coffee.
Kata Kunci :Pertumbuhan Pendapatan, Go-Food, Etalase Haruka Cafe, Dua Pintu Coffee
Pembimbing 1 :Josephine Sudiman, Ph.D., Ak
Pembimbing 2 :Wiwik Andriani, SE.M.Si.Ak
Tahun Pembuatan :2018