Guest

Selamat Datang di TUGAS AKHIR DIGITAL

Abstrak | Full Paper
PERENCANAAN LABA DENGAN ANALISIS BIAYA VOLUME LABA (COST VOLUME PROFIT ANALYSIS) PADA KERIPIK BALADO SHANTY
NINDRY RHAMANIZA
Tujuan analisis CVP adalah untuk menganalisa hubungan antara biaya (cost), jumlah unit yang diproduksi (volume), dan laba yang direncanakan (profit). Cost-Volume-Profit Analysis merupakan alat yang berguna dalam perencanaan laba. Analisis CVP akan diterapkan pada Usaha Keripik Balado Shanty yang merupakan perusahaan manufaktur yang memproduksi 4 macam produk yaitu keripik balado, keripik polos, keripik kuning dan keripik ubi cincang. Usaha ini sudah berkembang cukup baik namun belum melakukan pemisahaan biaya berdasarkan perilaku biaya (biaya tetap dan biaya variabel) serta belum melakukan perencanaan laba. Oleh karena itu, dengan menggunakan analisis CVP dapat melakukan pemisahaan biaya, menghitung break even point, merencanakan target laba yang diinginkan oleh perusahaan, mengetahui risiko dan ketidakpastian dengan menggunakan margin of safety dan degree of leverage, serta memperhitungkan analisis sensitivitas untuk mengetahui dampak perubahan variabel-variabel pembentuk laba terhadap tingkat laba yang akan diperoleh perusahaan. Hasil penelitian ini yaitu agar perusahaan mencapai titik impas, maka perusahaan harus menjual keripik balado dengan harga jual Rp 11.000,- sebanyak 2.085 bungkus, keripik polos dengan harga Rp 10.000,- sebanyak 1.891 bungkus, keripik kuning dengan harga Rp 10.000,- sebanyak 1.883 bungkus dan keripik ubi cincang dengan harga Rp 10.000,- sebanyak 940 bungkus. Pada margin of safety untuk penurunan penjualan maksimal sebelum terjadi kerugian yaitu keripik balado sebanyak 1.215 bungkus, keripik polos sebanyak 1.109 bungkus, keripik kuning sebanyak 1.117 bungkus dan keripik ubi cincang sebanyak 560 bungkus. Serta besarnya degree of leverage perusahaan adalah 2,7929, dimana terjadi kenaikan penjualan 10% yaitu keripik balado 3.641 bungkus, keripik polos 3.277 bungkus, keripik kuning 3.264 bungkus dan keripik ubi cincang 1.629 bungkus sehingga terjadi kenaikan laba operasi menjadi 28%.
Kata Kunci :Cost Volume Profit (CVP), perencanaan laba, break even point, margin kontribusi
Pembimbing 1 :Fera Sriyunianti, SE.,M.Si
Pembimbing 2 :Irda Rosita, SE., M.Ec., St., Ak
Tahun Pembuatan :2018