Selamat Datang di TUGAS AKHIR DIGITAL
Abstrak | Full Paper |
PERENCANAAN LABA DENGAN ANALISIS BIAYA VOLUME LABA (COST VOLUME PROFIT ANALYSIS) PADA KERIPIK BALADO SHANTY NINDRY RHAMANIZA |
Tujuan analisis CVP adalah untuk menganalisa
hubungan antara biaya (cost), jumlah
unit yang diproduksi (volume), dan
laba yang direncanakan (profit). Cost-Volume-Profit Analysis merupakan
alat yang berguna dalam perencanaan laba. Analisis CVP akan diterapkan pada
Usaha Keripik Balado Shanty yang merupakan perusahaan manufaktur yang
memproduksi 4 macam produk yaitu keripik balado, keripik polos, keripik kuning
dan keripik ubi cincang. Usaha ini sudah berkembang cukup baik namun belum
melakukan pemisahaan biaya berdasarkan perilaku biaya (biaya tetap dan biaya
variabel) serta belum melakukan perencanaan laba. Oleh karena itu, dengan
menggunakan analisis CVP dapat melakukan pemisahaan biaya, menghitung break even point, merencanakan target
laba yang diinginkan oleh perusahaan, mengetahui risiko dan ketidakpastian
dengan menggunakan margin of safety dan
degree of leverage, serta
memperhitungkan analisis sensitivitas untuk mengetahui dampak perubahan
variabel-variabel pembentuk laba terhadap tingkat laba yang akan diperoleh
perusahaan. Hasil penelitian ini yaitu agar perusahaan mencapai titik impas,
maka perusahaan harus menjual keripik
balado dengan harga jual Rp 11.000,- sebanyak 2.085 bungkus, keripik polos
dengan harga Rp 10.000,- sebanyak 1.891 bungkus, keripik kuning dengan harga Rp
10.000,- sebanyak 1.883 bungkus dan keripik ubi cincang dengan harga Rp
10.000,- sebanyak 940 bungkus. Pada margin
of safety untuk penurunan penjualan maksimal sebelum terjadi kerugian yaitu
keripik balado sebanyak 1.215 bungkus, keripik polos sebanyak 1.109 bungkus,
keripik kuning sebanyak 1.117 bungkus dan keripik ubi cincang sebanyak 560
bungkus. Serta besarnya degree of
leverage perusahaan adalah 2,7929, dimana terjadi kenaikan penjualan 10%
yaitu keripik balado 3.641 bungkus, keripik polos 3.277 bungkus, keripik kuning
3.264 bungkus dan keripik ubi cincang 1.629 bungkus sehingga terjadi kenaikan
laba operasi menjadi 28%.
Kata Kunci :Cost Volume Profit (CVP), perencanaan laba, break even point, margin kontribusi Pembimbing 1 :Fera Sriyunianti, SE.,M.Si Pembimbing 2 :Irda Rosita, SE., M.Ec., St., Ak Tahun Pembuatan :2018 |