Guest

Selamat Datang di TUGAS AKHIR DIGITAL

Abstrak | Full Paper
ANALISIS LAPORAN SEGMEN PADA USAHA FARAZ
MEYSA GUCIAN

ABSTRAK

Tujuan informasi laporan segmen adalah untuk membantu pengambilan keputusan dan membuat penilaian kinerja segmen tersebut. Usaha Faraz adalah usaha kecil menengah yang memproduksi berbagai macam kue kering. Usaha Faraz beralamat di Jalan Semarang No. 17 Asratex, Ulak karang, Kota Padang. Usaha Faraz saat ini belum melakukan pencatatan keuangan, belum memisahkan biaya-biaya yang dikeluarkan dalam proses produksi dan masih berpedoman pada tertutupnya biaya-biaya yang dikeluarkan tanpa adanya perincian biaya-biaya dan perusahaan belum dapat menentukan mana dari produknya yang lebih menguntungkan. Langkah dalam membuat laporan segmen adalah dengan mengumpulkan data dan informasi yang dibutuhkan terkait produk. Informasi ini seperti mengidentifikasi penjualan masing-masing produk, mengklasifikasikan biaya berdasarkan fungsi pokok perusahaan, mengklasifikasikan biaya berdasarkan berdasarkan perilaku biaya, menghitung harga pokok penjualan variabel dan biaya variabel masing-masing produk, memisahkan biaya tetap langsung dan biaya tetap umum, selanjutnya membuat laporan segmen masing-masing produk. Hasil dari penelitian ini yaitu untuk produk yang memberikan kontribusi laba terbesar adalah produk stik kentang sebesar 51%, kemudian serundeng kentang 48 %, bawang gunting 43%, dan kacang tojin 40%. Pada laporan laba rugi segmen bulan Juli 2018 Usaha Faraz memperoleh laba sebesar Rp8.845.961. Sedangkan margin segmen produk bawang gunting Rp2.764.447, kacang tojin Rp3.257.071, stik kentang Rp3.528.350, dan serundeng kentang Rp9.632.227.


Kata Kunci :Biaya Tetap, Biaya Variabel, Analisis Laporan Segmen, Kontribusi Laba
Pembimbing 1 :Armel Yentifa, SE.,M.Si.,Ak
Pembimbing 2 :Ulfi Maryati, SE.,M.Ak.,Ak
Tahun Pembuatan :2018